BEING ME

Tuesday, March 31, 2015

Hello beautiful people out there!! 


This is not like my usual post, but after years and years I finally come to a moment where I need things to be spoken. 

Sejak pertama kali aku punya media sosial seperti Friendster, Facebook, Twitter, Tumblr, Instagram, Pinterest, dan banyak lagi, aku sering update pakai bahasa Inggris dan believe it or not hal kecil seperti itu membuat banyak orang merasa untuk memberi kritik yang sama sekali tidak membangun. 




"Kamu update status kayak Agnes Monica ya bahasanya, campur-campur pake bahasa Inggris." 

"Wah, sekarang udah jago bahasa Inggris jadi lupa bahasa Indonesia ya?" 

"Sok Inggris padahal belom tentu bener" 

"Bahasa Inggris masih acak-acakan kok sok-sokan" 

"With blog nya pake bahasa Inggris ya? udah jago lo?" 


dan banyak lagi kalimat pedas lainnya yang sampai ke telingaku. Lucu ya? Atau merasa heran karena kenapa orang kok ribet banget ngurusin masalah orang lain. 

That's society, guys :) 

Awalnya aku nggak merasa harus "mengklarifikasi" karena sebenarnya apa yang mereka bilang juga nggak ada yang benar sama sekali. Aku bukan copy cat Agnes Monica, karena aku adalah orang yang sangat tidak suka diikuti dalam hal apapun, bukan bermaksud sok original tapi menurut aku, menjadi diri sendiri adalah hal yang sangat penting. Untuk apa berpura-pura jadi orang lain? 
I have so many reasons why I often use English on my social medias, especially on my blog 

Aku belajar bahasa Inggris sejak kelas 4 SD dan sampai sekarang masih terus belajar karena tingkat pemahamanku masih jauh dari sempurna. Aku pikir, "kok nggak bisa-bisa sih? belajar aja terus tapi nggak pinter-pinter." dan aku tahu jawabannya kenapa aku gampang banget lupa karena aku hampir tidak pernah menggunakan bahasa Inggris in real life. Aku kuliah di jurusan bahasa Indonesia yang mewajibkan untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian menjadi tutor untuk mahasiswa asing, magang di sekolah internasional yang juga mengharuskan aku untuk menjadi "panutan" dalam berbahasa Indonesia. Sekarang, aku mengajar di SMA yang juga menggunakan bahasa Indonesia. Kalau aku "sok-sokan jadi bule" kenapa dulu milih jurusan bahasa Indonesia? Kenapa nggak bahasa Inggris aja yang jelas-jelas I can use my skill all day. 

Kenapa? Karena aku ingin mengajar bahasa Indonesia di luar sana. Kalau aku kuliah di jurusan bahasa asing, siapa yang aku ajar? orang Indonesia, kan? Kalaupun aku keluar negeri, bukan aku yang mengajar tapi aku yang diajar. Got it?

Terus kenapa nulis blog pakai bahasa Inggris? 

Pertama karena aku suka belajar bahasa asing. Menurutku zaman sekarang perlu banget untuk bisa bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Selain mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan kenalan asing, sekarang bahasa Inggris sudah menjadi salah satu syarat untuk bisa bekerja di perusahaan-perusahaan. Nggak perlu jauh-jauh deh, guru pun harus bisa bahasa Inggris. 

Kedua, aku sudah lama belajar bahasa Inggris dan sayang banget waktu & uang terbuang percuma kalau nggak aku pakai sama sekali. Aku berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman menggunakan bahasa Indonesia, in real life, aku hampir nggak punya kesempatan buat mempraktikan ilmu yang aku punya dari SD. Tujuan aku ya itu, apa salah kalau aku memakai bahasa yang bertahun-tahun aku pelajari? 

More than that, I use it on my personal accounts. Aku yang ada di media sosial dengan aku yang ada di kehidupan nyata, yang ngobrol sama kamu tentang banyak hal adalah aku yang sebenarnya. 

I always being real, being MYSELF, because I don't see the point why I have to pretending to be someone else 

Aku nggak marah sama mereka yang memberi kritik-kritik yang tidak membangun itu, some of them are people who claimed as my friends. Aku justru kasihan karena mereka membuang waktu hanya untuk mengkritik and it's not make any sense to me. Apa untungnya ngurusin masalah orang lain? Kalau nggak suka, unfollow. Hidup itu jangan dibawa ribet, ngomel-ngomel, ngurusin masalah orang lain di media sosial malah bikin "penyakit". 

If you can’t handle the fact that I use my platform to speak up for the things I believe in, then you are more than welcome to walk away

Kalau bahasa Inggrisku acak-acakan, terus kenapa? I'm not a native speaker. Even the native speakers still have so many grammar errors. Setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk belajar. Aku orangnya gampang banget lupa dan cara supaya aku nggak lupa ya dengan sering dipakai, dipraktikan. 

Menurutku apa yang aku lakukan bukan hal yang haram. Siapa yang bisa melarang? Apa alasannya melarang aku menggunakan bahasa Inggris di blogku atau media sosial? Does it harm any people? Does it harm society? 

I'm a big believer in do what makes you happy. We have responsibility to keep our life as happy as it should be

Aku merasa nyaman menggunakan bahasa Inggris dalam blogku. Selain aku bisa mempraktikan kemampuanku, aku juga bisa push diriku untuk terus dan terus belajar dan menyalurkan pada sesuatu yang aku suka. Isi blogku nggak pernah jauh-jauh dari makeup, buku, film, musik, karena aku suka. Aku tulis apa yang aku suka, apa yang menarik perhatianku, bukan hal-hal yang bukan "gue banget". Buat apa melakukan hal-hal yang sebenarnya kita nggak suka? Mau cari perhatian? Sensasi? 

Even blogku nggak ada yang baca, I don't care because personally, I do that for myself.

Aku merasa nyaman dengan nge-upload hal-hal yang aku suka di instagram, upload foto dengan muka aku yang punya banyak flaws tanpa filter. No need beauty effect, blemish corrector untuk hapus jerawat dan bikin muka flawless tapi FAKE

For me, it's really important to be real! 



Inilah aku. 

Aku rasa nggak perlu malu menjadi diri sendiri dan melakukan hal-hal yang aku suka. Selama hal itu nggak merugikan diri kita sendiri dan orang lain, then do it! Jangan pedulikan orang-orang yang mencoba bikin kita mundur sebelum mencoba, mereka nggak akan membantu kita menjadi lebih baik, mereka nggak akan bikin kita sukses. Surround yourself with people who make YOU a BETTER you. 

So, who's ready to be YOU? :)










No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS